Bagaimana Membuat Huruf Timbul Berbeda Warna pada Siang dan Malam Hari

Mungkin Anda pernah melihat signbox yang tampilannya berbeda pada siang dan malam hari, terutama pada warnanya.  Dengan teknologi vinyl dan pencahayaan sekarang ini, hal itu dimungkinkan terjadi. Huruf timbul dua warna sangat efektif dalam meningkatkan visibilitas sign. Tampilan warna terbaik pada siang hari belum tentu baik juga apabila dilihat pada malam hari.  Signbox atau huruf timbul yang menggunakan kombinasi warna ini bisa dibuat dengan memperhatikan beberapa faktor dibawah ini:

Contoh Huruf Timbul Dua Warna
- Film Pengatur Cahaya
Dalam bahasa Inggris film ini disebut Perforated Vinyl atau Dual-Color Light Management Film. Jenis film khusus yang membuat  tampilan huruf timbul berbeda pada siang dan malam hari. Film ini mempunyai pori - pori dan ditempel di bagian luar muka huruf timbul. pola pori - pori ini tidak akan terlihat dari jarak pandang normal orang melihat huruf timbul pad siang hari. Film ini biasanya tersedia dalam warna hitam dan putih, tetapi tersedia juga warna lainnya untuk berbagai efek pencahayaan. Contoh produk dari film jenis ini adalah 3M™ Dual-Color Film Series 3635-200.

- Pemilihan Warna LED
Memilih warna LED yang benar akan menghasilkan pondasi untuk kombinasi perbedaan warna yang efektif. Salah satu pengaturannya  adalah mencocokkan warna LED dengan warna acrylic pada muka sign dan kemudian menempelkan film berpori - pori pada bagian muka huruf timbul. Bisa juga dengan menggunakan LED warna putih dikombinasikan dengan acrylic bening lalu aplikasikan film diffuser dan film translucent di muka huruf timbul bagian dalam.

Sebagai contoh, apabila Anda menginginkan tampilan sign berwarna merah ketika malam hari dan siang hari berwarna putih, maka huruf timbul tersebut harus dipasangi LED berwarna merah dan pada permukaan huruf bagian luar ditempeli vinyl berpori (perforated vinyl) warna putih.

Tetapi metode ini mempunyai beberapa kekurangan. Dengan menggunakan LED berwarna bandwidth dari warna yaang dipancarkan sangat sempit. Apabila bandwidth dari warna acrylic tidak cocok dengan bandwidth LED, maka akan ada cahaya yang tidak akan menyebar tetapi diserap.

- Fim Diffuser
Film diffuser didesain untuk mengatur kecerahan dan penyebaran cahaya secara merata. Film diffuser tidak selalu harus dipakai dalam pembuatan huruf timbul beda warna ini, tergantung pada konfigurasi huruf.

- Warna Acrylic dan Film
Muka huruf timbul tidak selalu ditentukan oleh warna acrylic, ada metoda lain untuk menghasilkan huruf timbul dengan kombinasi warna antara siang dan malam hari. Salah satu caranya yaitu menyamakan warna acrylic dengan warna LED sedekat mungkin lalu tempelkan vinyl berpori (film pengatur cahaya) di atas muka huruf bagian luar.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan acrylic bening yang ditempeli translucent film dan diffuser film di bagian dalam muka huruf, bagian ini berfungsi untuk menampilkan warna malam hari, sedangkan di bagian luar muka huruf ditempeli vinyl berpori yang berfungsi menampilkan warna siang harinya.

Sumber:
https://sdgmag.com/tips/channel-letters-day-night
http://solutions.3m.com/wps/portal/3M/en_US/Graphics/3Mgraphics/Applications/IlluminatedSigns/
Sumber Gambar:
http://www.directsignwholesale.com/blog/2014/daynight-channel-letter-sign/

Bagikan di Google Plus
SIGN.CO.ID / MITRA KREASI ADVERTISING siap untuk menjadi mitra usaha Anda untuk menyediakan segala jenis media promosi/advertising dan dekorasi sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar