LASER CUTTING & GRAFIR

Laser cutting adalah teknologi yang menggunakan laser untuk memotong suatu material, biasanya digunakan untuk aplikasi industri manufaktur, namun saat ini mulai digunakan oleh sekolah, usaha kecil, dan hobies. Laser cutting bekerja dengan mengarahkan keluaran laser berdaya tinggi umumnya melalui optik. Optik laser dan CNC (computer numerical control) digunakan untuk mengarahkan material atau sinar laser yang dihasilkan. Laser komersial pada umumnya ketika memotong material akan melibatkan sistem kontrol gerakan untuk mengikuti kode CNC atau G-Code dari pola yang akan dipotong ke material.

Mesin Laser Cutting Acrylic.

Material atau bahan yang dapat dipotong dengan menggunakan mesin potong laser diantaranya: acrylic, kayu, mdf, gabus, stainless, besi, kulit, kertas, karet, dan silicon. Laser cutting umumnya diaplikasikan pada bidang interior atau eksterior design suatu bangunan, sarana promosi, furniture, peralatan rumah tangga, pakaian, dll. 

Salah satu contoh aplikasi mesin cutting laser pada bahan kulit

Laser Cutting dibandingkan dengan pemotongan mekanik adalah pengerjaannya yang lebih mudah dan dapat mengurangi kontaminasi dengan benda kerja. Pengerjaan menjadi lebih tepat, cepat, rapi, dan penggunaan energi yang lebih hemat. Laser Cutting dapat memotong gambar yang sangat rumit. Hasil dari laser cutting ini sangat rapi, sehingga mesin ini dapat meminimalisir pekerjaan finishing. Selain itu mesin ini sangat akurat, dimana mesin ini akan memotong seluruh pola sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Dan tidak ada batasan di segmen jumlah.

Salah satu contoh aplikasi mesin laser cutting pada bahan MDF / Kayu / Triplek

Sebuah mesin laser cutting biasanya membutuhkan file vector (Corel Draw, Illustrator, Inkscape) yang kemudian dibuka dalam program laser cutting  dan digunakan untuk menentukan alur arah gerakan laser head. Setiap jenis bahan memiliki sifat dan ketebalan yang berbeda-beda, karena itu setiap kali akan mengerjakan bahan yang berbeda, program pada mesin laser cutting harus disetting ulang agar laser cutting dapat menghasilkan potongan yang sempurna.



Video di atas merupakan contoh aplikasi mesin laser pada acrylic bening tebal 8.00 mm. Berapa kira-kira harganya apabila kita akan membuat produk yang menggunakan mesin laser cutting? Harga sebuah produk laser cutting ditentukan oleh:

  • Ukuran pola laser cutting. Semakin luas ukuran laser cutting, maka harga semakin tinggi.
  • Kerumitan laser cutting. Semakin rumit pola laser cutting, waktu yang dibutuhkan mesin semakin lama sehingga harga semakin tinggi.
  • Ketebalan bahan yang akan dipotong. Semakin tebal bahan yang akan dipotong, tenaga laser yang dikeluarkan akan semakin besar, maka harga semakin tinggi.
  • Jumlah laser cutting yang dipesan. Semakin banyak jumlah pesanan, maka harga akan semakin rendah.
Apabila Anda tinggal di Kota Bandung dan mebutuhkan jasa pengerjaan laser cutting dan grafir anda bisa kunjungi kantor kami di Jl. Gurame No. 9 Bandung.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan, produk dan harga untuk mendapatkan hasil terbaik dan memuaskan.

Telp. : 022 - 73518297
Telp. /WA : Ade - 081214147873 - Ruin - 081321668350 - Effend - 081320313212

Sumber foto : http://cuttingstickerhelitin.com/kekurangan-dan-kelebihan-mesin-laser-cutting-akrilik/
Sumber video : https://www.youtube.com/watch?v=eHfWlfgWDRU
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar